-

Haruskah Menghentikan Aktivitas Jika Terkena Radang Sendi?

Dari sebuah survey nasional di AS tahun 2002, diketahui bahwa radang sendi telah menghambat produktivitas sekitar 7 juta orang karena mereka sulit melaksanakan pekerjaan dengan maksimal (berdasarkan jurnal Arthitis & Rheumatism, Maret 2007).

Radang sendi (arthritis), yang sering pula disebut sebagai rematik, banyak diderita orang lanjut usia. Arthritis disebabkan oleh peradangan jaringan yang melapisi sendi. Tanda-tandanya berupa kemerahan, pembengkakan, rasa panas dan sakit pada anggota tubuh. Sebuah studi di Tufts-New England Medical Center, Boston, AS, mengatakan rasa sakit pada penderita arthritis memburuk pada saat cuaca dingin / hari hujan. Dua jenis arthritis yang paling banyak diderita adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Osteoarthritis berkaitan dengan usia tua, cedera, atau kelebihan berat badan. Bagian tubuh yang rentan terkena osteoarthritis adalah tangan, lengan, lutut, dan pinggul. Jika pembengkakan terjadi pada lutut (paling sering terjadi), gejala yang diderita adalah rasa sakit, pembengkakan, dan kaku sehingga penderita sulit berjalan, naik tangga, dan bangkit dari duduk. Jika osteoarthritis menyerang pinggul, penderita akan kesulitan untuk melakuakan gerakan melipat tubuh, seperti memakai sepatu, dan celana.

Rheumatoid arthritis umumnya menyerang mereka yang berusia muda dan menyerang mata, mulut, paru-paru, pergelangan, dan jari-jari. Rheumatoid arthritis lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Terjadi akibat system imun tubuh menyerang jaringan persendian, sehingga timbul rasa sakit dan peradangan. Penderita yang mengalaminya merasa mudah lelah, tidak enak badan, dan mengalami demam.

Perbaiki pola makan untuk memperkaya asupan antioksidan termasuk salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membuat diri Anda lebih baik. Istirahatkan bagian yang sakit dan kompres dengan air hangat, lakukan olahraga peregangan ringan, mandi air panas. Jaga berat badan ideal karena tubuh gemuk dapat lebih membebani area tubuh yang sakit. Obat-obatan bebas seperti asetaminofen dan ibuprofen dapat membantu meredakan sakit dan pembengkakan.

Sumber : http://www.dechacare.com